alt/text gambar

Tutorial BlueJacking (Membajak Ponsel Orang Lain Via Bluetooth)

Bagaimana melakukan Bluejacking? Apa itu Bluejacking? Tutorial Bluejacking?
Untuk dapat melakukan bluejacking kita tidak membutuhkan pengetahuan dan kemampuan sekelas programer atau hacker, yang kita butuhkan hanyalah sebuah perangkat yang memiliki fasilitas bluetooth. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk melakukan bluejacking

1. Bawalah perangkat bluetooth yang ada (Ponsel, PDA, PocketPC), dalam hal ini saya mengasumsikan bahwa kita menggunakan ponsel.
2. Buatlah daftar kontak baru pada phonebook dengan diisi pesan yang akan kita kirim pada seseorang, misalnya pada kolom First Name diisi kalimat “Selamat Datang di” sedangkan pada kolom Last Name diisi kalimat “Dunia Digital”, simpanlah pesan tersebut sebagai daftar kontak yang baru. Jika mau kita bisa membuat kalimat lain sebanyak mungkin.
3. Pergilah ketempat ramai, atau tempat yang memungkinkan banyak orang membawa ponsel seperti Mall, Lobby, Restoran, Toko Ponsel dll.
4. Bukalah daftar kontak yang berisi pesan yang telah kita buat tadi, lalu pilih menu “Send Via Bluetooth”
5. Sesaat ponsel akan mencari perangkat bluetooth lain yang ada disekitar kita, jika tidak menemukan perangkat lain, pindahlah ketempat yang lebih ramai.
6. Jika ponsel menemukan perangakt bluetooth lain, maka akan muncul di layar ponsel kita, biasanya nama perangkat lain akan muncul sebagai merek ponsel yang bersangkutan tapi ada juga yang sudah dirubah oleh pemiliknya sebagai nama lain.
7. Jika perangkat yang ditemukan lebih dari satu, pilihlah salah satunya.
8. Jika berhasil maka daftar kontak yang berisi kalimat tadi akan terkirim pada perangkat tersebut.
9. Jika memungkinkan, lihatlah orang lain disekitar kita yang membawa perangkat bluetooth, kita juga harus dapat membedakan ponsel mana yang memiliki fasilitas bluetooth dan yang tidak.
10. Selanjutnya, terserah kita.
Sebenarnya ada tindakan penyusupan lain yang lebih mengerikan adalah apa yang disebut dengan bluesnarfing atau sering juga disebut dengan snarf attack, dengan metode yang hampir sama dengan bluejacking pelaku snarf attack dapat mengcopy semua data yang ada didalam ponsel korban seperti daftar kontak, kalender dan pesan yang ada dalam ponsel korban. Untuk melakukan bluesnarfing diperlukan laptop/PC yang didalamnya sudah terinstal aplikasi bluesnarfing namun sampai tulisan ini diturunkan belum ada satu pihakpun yang menyediakan aplikasi ini, baik di Internet maupun di pasaran selain aplikasi yang dimiliki salah satu peserta pameran CeBIT2004 di Hannover Jerman pada waktu lalu, mereka menggunakan aplikasi Bluez yang didalamnya terdiri dari aplikasi bluez-libs-2-.5,bluez-utils-2.4 and bluez-sdp-1.5 program tersebut dibuat dalam bahasa C dan PERL yang berjalan dibawah kernel Linux versi 2-6-2., lalu diinstalkan pada laptop COMPAQ Evo N600c ditambah dua buah peralatan bluetooth dongle-USB yang terpasang pada laptop tersebut.
Sampai saat ini kita memang belum pernah mendengar korban dari tindakan Bluesnarfing ini, namun tindakan percobaan yang pernah dilakukan oleh perusahaan yang bernama Salzburg Research Forschungsgesellschaft mbH dari Austria yang menempati stand hall 11 pada pameran CeBIT 2004 di Jerman sempat menghebohkan para pengunjung pameran tersebut karena hasilnya sungguh mengejutkan bahwa ponsel dan PDA yang selama ini mereka gunakan untuk menyimpan data penting dan rahasia dapat diakses dengan mudah oleh orang lain.
Pencegahan dari Tindakan Bluejacking dan Bluesnarfing:
Untuk mencegah agar perangkat bluetooth yang kita miliki agar tidak terkena tindakan bluejacking/bluesnarffing sebenarnya sangatlah sederhana, kuncinya adalah matikanlah fasilitas bluetooth yang ada pada ponsel kita jika berada ditempat umum atau jika memang fasilitas ini tidak digunakan. Tindakan lain yang lebih aman adalah dengan cara meng-upgrade firmware yang ada dalam ponsel kita dengan versi yang lebih baru.

Selebih nya kalian bisa download Tutorial buku nya disini : KLIK DISINI

25 Responses to "Tutorial BlueJacking (Membajak Ponsel Orang Lain Via Bluetooth)"

  1. ada aja ya kegunaan bluetooth selain ngirim file, mantep nih kapan-kapan mau coba ah...

    ReplyDelete
  2. tapi jangan di salah gunakan yaa :v

    ReplyDelete
  3. Buat nambah ilmu kita tentang rawanya gadget dari perates,, nice info

    ReplyDelete
  4. keren tutorialnya, kalo masalah hacking jujur saya masih kurang paham hehe

    ReplyDelete
  5. makasih gan, di post terakhir ada link download nya jadi kalo agan bingung bisa baca aja bukunya disitu

    ReplyDelete
  6. ada solusinya gak gan biar hpku ndak bisa dibajak..... kalau gak ada solusinya perlu waspada ini kalu ponselku dibajak orang pakai BT bisa dicuri smua sdataku

    ReplyDelete
  7. santai aja gan, itu cuman hp tertentu aja jadi kalo hp jaman sekarang dah aman kok ;)

    ReplyDelete
  8. bisa buat jailin temen nih :D nice post gan

    ReplyDelete
  9. Nice info . ijin nyoba min buat isengin temen :D

    ReplyDelete
  10. makasih juga yg sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  11. keren gan info iyeee,,,langsung coba daa

    ReplyDelete
  12. Paling keren, step terakhir. "Selanjutnya, terserah kita." Ini bener-bener terserah kita apa ada batasannya ya?
    Bagus informasinya.. :))

    ReplyDelete
  13. bajak hp mantan nih bagus wkwkwk

    ReplyDelete
  14. wih... ternyata ada fungsi lain dari bluetooth
    ini beneran work kan?

    ReplyDelete